Zain Bali Barbershop / Barbershop Tips / Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum dan Sesudah Mewarnai Rambut!

Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum dan Sesudah Mewarnai Rambut!

Mewarnai rambut adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri dan membuat tampilan kamu semakin menarik. Namun setiap teknik pewarnaan memberikan dampak buruk pada rambut kamu. Rambut bisa kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, sebelum mewarnai rambut kamu harus tahu beberapa hal agar rambut kamu tetap sehat.

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mewarnai Rambut:

1. Lakukan Riset

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu riset beberapa hal penting, seperti warna apa yang akan digunakan, teknik apa yang akan dilakukan, dan mencari tahu tempat mewarnai rambut yang bagus.

Untuk melakukan riset ini, kamu bisa mencari tahu melalui internet, tanya teman atau salah satu group WhatsApp kamu. Riset ini tentunya berguna untuk menghasilkan warna rambut yang bagus dan menarik.

2. Konsultasi

Setelah mencari tahu beberapa hal tentang warna rambut, langkah selanjutnya yaitu konsultasi dengan hair coloring profesional, mungkin kamu bisa datang ke salah satu salon terdekat. Dan ceritakan semua rencana kamu, misalnya dari warna yang akan kamu gunakan atau teknik yang akan kamu pakai.

Biasanya mereka mengerti tentang jenis dan karakter rambut kamu, mungkin mereka akan memberikan beberapa saran untuk menghasilkan warna rambut yang lebih bagus dan menghindari kerusakan pada rambut kamu.

3. Tes Alergi

Sebelum mewarnai rambut, kamu dianjurkan untuk melakukan tes alergi kulit terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, seperti gatal-gatal, memerah, atau kulit terbakar.

Untuk mengetahui alergi atau tidak, kamu bisa datang ke salah satu salon, kemudian oleskan sedikit cream pewarna rambut pada bagian belakang telinga, diamkan selama dua hari. Jika tidak menimbulkan efek apapun, berarti produk tersebut aman untuk kamu gunakan.

4. Aplikasikan Hair Mask

Sebelum mewarnai rambut, lebih baik aplikasikan hair mask sehari sebelumnya. Hair mask ini membantu melembabkan rambut sebelum diaplikasikan dengan berbagai warna. Pasalnya proses pewarnaan rambut akan membuat rambut menjadi kering jika tidak menggunakan hair mask terlebih dahulu.

Salah satu contoh hair mask yang bisa kamu gunakan:

Sumber: Tokopedia

5. Hindari Mencampur Dua Produk

Untuk menghasilkan warna yang unik, kebanyakan orang mencampur dua produk pewarna rambut yang berbeda. Sedangkan hal ini dapat merusak rambut dan kulit kepala kamu.

Misalnya kamu mencampur salah satu produk Henna dengan Punky Colour, berikut contohnya:

Sumber: Tokopedia

Sumber: Tokopedia

Dan setelah mewarnai rambut, lakukan 5 langkah ini:

1. Bersihkan Rambut

Setelah proses pewarnaan rambut selesai, bersihkan seluruh rambut hingga kulit bagian kepala kamu. Jangan sampai ada yang tersisa karena dapat menimbulkan masalah pada kulit kepala kamu, misalnya gatal-gatal.

Selain itu, kamu juga tidak boleh membersihkan rambut (keramas) menggunakan air panas. Karena dapat membuat kutikula rambut terbuka dan warna rambut menjadi luntur.

2. Gunakan Shampo Khusus

Ketika membersihkan rambut setelah diwarnai, gunakan shampo dan conditioner khusus untuk berwarna. Tujuannya agar warna rambut kamu tetap bagus dan sehat. Jangan menggunakan sembarangan shampo, karena dapat memudarkan warna rambut kamu.

Kamu bisa menggunakan salah satu brand dibawah ini:

Sumber: Tokopedia

3. Hindari Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas juga tidak baik untuk rambut kamu, karena dapat menghilangkan minyak rambut yang berguna untuk melembabkan rambut. Serta membuat warna rambut kamu menjadi hilang. Cukup keramas 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu.

4. Gunakan Dry Shampoo

Ketika kamu tidak keramas, gunakan dry shampoo. Dry shampoo akan membantu menyuburkan rambut dan lebih bervolume tanpa harus keramas. Kamu juga bisa memakai dry shampoo dengan warna untuk retouch warna pada rambut kamu.

Untuk contoh dry shampoo, kamu bisa gunakan produk berikut:

Source: Tokopedia

5. Ratakan rambut yang baru tumbuh

Jika ada rambut barumu yang tumbuh dan ingin meratakan warnanya, cukup warnai bagian yang baru tumbuh saja. Tidak perlu mewarnai ulang seluruh rambut. Karena hal ini dapat membuat rambut kamu menjadi rusak.

Kamu suka mewarnai rambut? Apakah kamu sudah melakukan beberapa hal diatas? Jika belum, cobalah untuk memulainya agar warna rambut kamu tetap bagus dan sehat.

Recent Post

Cara Mengatasi Rambut Kering Pada Pria

Rambut kering menjadi salah satu permasalahan rambut yang dialami oleh para pria. Hal ini biasanya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya perhatian dalam merawat rambut.

Selengkapnya

5 Cara Menata Rambut Undercut Agar Terlihat Keren

Saat ini banyak sekali pilihan gaya rambut khususnya untuk pria. Bahkan gaya rambut saat ini bisa dikatakan fashion bagi seorang pria. Selalu uptodate dengan gaya rambut merupakan sesuatu eksistensi tersendiri bagi pria. Namun sebenarnya tidak harus bergonta-ganti gaya rambut terus menerus untuk selalu terlihat beda. Kamu bisa mencoba gaya rambut undercut yang bisa terlihat berbeda-beda [...]
Selengkapnya

OPEN HOURS

Monday through Saturday
10:00 AM – 11 :55 PM

ADDRESS

Jl. Patih Jelantik, No 55 Legian
Kuta, Badung, Bali

Get Direction Reserve Now